Rekomendasi Motherboard Gaming 2022 

Motherboard Gaming 2022

NewfreeshippingMotherboard bagaikan jantung bagi perangkat komputer. Bagian ini merupakan akar dari segalanya, termasuk konektivitas nirkabel, kemampuan overclocking, dan memori penyimpanan serta perangkat USB yang dapat Anda masukkan ke dalamnya. Motherboard adalah bagian integral dari PC Anda yang berfungsi sebagai pondasi karena setiap komponen perangkat keras terhubung dengannya. Saat Anda merakit PC untuk keperluan gaming secara khusus untuk pertama kalinya, memilih kartu grafis dan prosesor terbaik untuk sistem menjadi langkah yang sangat penting. Bahkan, jika Anda memilih GPU dan CPU terbaik, Anda tidak akan mendapatkan kinerja yang diinginkan jika spek motherboard tidak sesuai. Untuk memastikan pengalaman bermain game yang baik, seseorang harus mengobservasi dan memilih motherboard yang tepat sehingga komputer tidak mengalami kendala yang fatal.

Tips Memilih Motherboard Gaming

Anda memerlukan chipset dan kartu grafis yang kuat untuk gaming. Motherboard untuk keperluan gaming harus mempunyai konfigurasi yang mudah terhadap komponen perangkat keras lainnya. Selain itu, motherboard harus memberikan kinerja yang super kompatibel agar tidak menghambat jalannya permainan. Pada tulisan ini, akan dibeberkan jajaran Gaming Motherboard terbaik yang bisa Anda pilih untuk memfasilitasi hobi Anda. Memilih motherboard bagaikan berinvestasi sebab efeknya akan terasa untuk jangka waktu yang panjang. Di samping itu, selain hanya untuk sekedar bermain, Anda juga bisa mendalami gaming sebagai profesional dengan motherboard yang mendukung sehingga bisa menghasilkan keuntungan darinya. Sebagai tips memilih motherboard gaming, Anda bisa mulai dari memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1.Motherboard Form Factor

Ukuran motherboard atau yang disebut juga dengan form factor dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu: Mid Tower (ukuran sedang), Full Tower (ukuran penuh), Mini ITX (ukuran kecil), dan Micro ITX (ukuran sedang). Ukurannya berbeda-beda tergantung jenisnya masing-masing. Full Tower adalah pilihan populer untuk motherboard karena ukurannya yang besar dan fitur tambahan seperti sejumlah ruang untuk ekspansi. Mini ITX, sesuai dengan namanya, merupakan motherboard dengan ukuran terkecil dengan jumlah slot yang terbatas. Jadi, tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda faktor bentuk mana yang terbaik untuk Anda.

2. Soket

Setelah Anda memilih faktor bentuk yang sesuai, Anda harus mempertimbangkan soket yang terpasang di dalam motherboard. Tergantung pada soket pada motherboard Anda, Anda dapat memilih prosesor. Ada 3 jenis soket yaitu: Land Grid Array (LGA), Ball Grid Array (BGA), dan Pin Grid Array (PGA). Prosesor AMD menggunakan PGA, tetapi ada pula beberapa prosesor Intel yang menggunakan PGA. Prosesor Intel terutama menggunakan soket LGA. Kedua soket dapat dengan mudah di-upgrade. Menggunakan prosesor BGA bukanlah ide yang bagus karena prosesor tersebut terpasang secara permanen ke motherboard dan tidak dapat di-upgrade. Pilihlah prosesor mana yang ingin Anda beli karena ini akan memberi Anda petunjuk tentang jenis motherboard yang harus Anda pilih.

3. RAM

Saat Anda membeli motherboard terbaik untuk bermain game, Anda perlu mempertimbangkan memori utama, yaitu RAM. Gaming menuntut kekuatan pemrosesan yang tinggi dan kapasitas RAM yang besar. RAM yang tinggi akan membantu kinerja PC menjadi lebih lancar dan tidak berat. Oleh karena itu, Anda harus memilih motherboard dengan setidaknya RAM 16 GB. Selain itu, Anda harus memilih motherboard yang memiliki slot RAM tambahan sehingga sewaktu-waktu Anda dapat menambahkan modul RAM tambahan.

4. Slot PCI

Peripheral Component Interconnects (PCI) memungkinkan Anda untuk memperluas kemampuan komputer Anda dengan menambahkan kartu ekspansi seperti kartu grafis, kartu suara, kartu jaringan, dan konektivitas Wi-Fi. Memiliki slot PCI memungkinkan Anda untuk meningkatkan PC karena Anda dapat menambahkan kartu tambahan. Kartu ini berguna untuk meningkatkan PC agar Anda merasakan pengalaman bermain game yang luar biasa.

5. Port

Saat Anda membeli motherboard, pastikan motherboard tersebut memiliki port SATA yang cukup banyak sehingga Anda dapat menghubungkan media penyimpanan eksternal seperti HDD atau SDD untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Selain itu, disarankan untuk memiliki motherboard yang mendukung SATA 6 GB yang juga dikenal sebagai SATA III. Waktu pemuatan akan lebih lama dan kecepatan transfer data akan meningkat. Ini akan memberikan keuntungan yang luar biasa saat bermain game.

Motherboard Terbaik untuk Gaming

1. ASUS ROG Strix X570-E Gaming WiFi II

Komponen berkualitas tinggi, beberapa heatsink serius untuk VRM, dan chipset terbaik dari AMD menjadikan ASUS ROG Strix X570-E Gaming WiFi II salah satu motherboard terbaik yang tersedia untuk PC AMD dalam hal nilai. Harus diakui, semua itu memang belum menyuguhkan seluruh fitur yang Anda temukan pada motherboard buatan para maniak. Namun, ini setidaknya sudah sebaik yang bisa Anda dapatkan untuk ukuran motherboard desktop.

Spesifikasi:

  • Soket: AM4
  • RAM Maksimum: 4x 32GB (128GB)
  • Chipset: AMD X570
  • Ukuran: ATX
  • Fitur: 2.5Gb LAN, PCIe 4.0, ASUS Aura, heatsink M.2, 14+2 fase VRM

Keunggulan:

  • Komponen berkualitas
  • Bekerja dengan CPU Ryzen 5000
  • Desain PCB yang cantik
  • Efek Aura RGB keren
  • Kemampuan overclocking yang stabil

Kelemahan:

  • Aura RGB bisa jadi “glitchy”
  • Temperatur tinggi beban

Motherboard sangatlah penting. Asalkan Anda membeli yang cocok dengan CPU yang ingin Anda pasang, motherboard dipastikan akan awet dan sulit untuk mengalami kendala. Jika Anda harus memilih salah satu yang memberikan keseimbangan antara kinerja dan harga untuk penggemar AMD, ASUS ROG Strix X570-E Gaming WiFi II adalah jawaban yang tepat.

Dengan motherboard jenis ini, Anda akan mampu untuk menginstal hingga maksimum 128GB RAM menggunakan empat slot DIMM yang disediakan. Walau begitu, biasanya Anda memang akan membutuhkan lebih dari 32GB sebagai peregangan karena hanya workstation intensif yang menangani file besar (pengeditan video, misalnya) yang membutuhkan ukuran besar seperti itu.

Bagian terbaik dari ROG Strix X570-E Gaming WiFi II adalah komponen berkualitas tinggi yang digunakan secara keseluruhan. Ini adalah salah satu faktor penting dalam memilih motherboard dan pengaturan pengiriman daya yang solid. Kapasitor dan komponen kinerja lainnya harus menjadi bagian dari batch premium untuk meningkatkan keandalan dan dukungan yang lebih baik untuk overclocking.

Pemilihan port belakang motherboard ini juga cukup bagus. ASUS menyertakan DisplayPort dan HDMI (untuk CPU Ryzen dengan grafis yang terintegrasi), Optical S/PDIF out, 2.5Gb LAN, Wi-Fi, tujuh port USB 3.2 Gen 2 Type-A, serta tambahan USB 3.2 Gen 2 USB-C Port. Anda dapat dengan mudah menghubungkan semua aksesoris game favorit Anda dan beberapa lainnya.

Anda juga memiliki konektor RGB, header pompa untuk pendingin air, dua slot M.2, banyak SATA, dan slot PCI yang cukup untuk memasang semua kartu suara favorit Anda. Tipe ini memang bukan motherboard yang murah, tetapi Anda bisa mendapatkan kualitas yang sangat baik dengan semua spek yang diberikan. Dan karena menggunakan chipset terbaru AMD, Anda dapat memanfaatkan PCIe 4.0.

2. Asus ROG Strix Z690-E Gaming WiFi

Seperti pilihan terbaik AMD, WiFi Gaming ASUS ROG Strix Z690-E ini adalah mitra Intel yang bekerja dengan prosesor Generasi ke-12 terbaru dari Team Blue. Ini juga memiliki komponen berkualitas tinggi dan semua fitur dasar yang Anda harapkan dari motherboard tingkat menengah, termasuk dukungan hingga 128GB RAM, pencahayaan ASUS RGB, dukungan untuk pompa, overclocking, dan banyak lagi.

Spesifikasi:

  • Soket: LGA1700
  • RAM Maksimum: 4x 32GB (128GB)
  • Chipset: Z590
  • Ukuran: ATX
  • Fitur: 2.5Gb LAN, ASUS Aura, heatsink M.2, 18+1 phases VRM

Keunggulan:

  • Desain PCB yang bagus
  • Komponen yang andal dan berkualitas tinggi
  • Mendukung hingga CPU Generasi ke-11
  • Tiga slot M.2 dengan heatsink
  • Pendinginan VRM pasif yang bagus

Kelemahan:

  • Bisa panas saat overclocking
  • RAM sedikit ketat dengan pompa AIO

Sama seperti pilihan AMD ASUS sebelumnya, motherboard ROG Strix Z690-E Gaming WiFi sama baiknya. Anda bisa mendapatkan PCB dengan kualitas yang sama berkelasnya, komponen premium, serta hampir semua ekspansi yang Anda perlukan untuk pengaturan PC yang mumpuni. Ada juga Phase Power Delivery 18+1 yang cukup bagus. Pada dasarnya, itu berarti Anda dapat memanfaatkan motherboard ini hingga maksimal sampai di batas bahkan melampauinya.

Mendukung prosesor Intel Generasi ke-12, Anda dapat memanfaatkan CPU berkinerja tinggi terbaru Intel, memasukkan drive penyimpanan PCIe 5.0 M.2 NVMe super cepat dan RAM yang cukup (hingga 128GB) untuk menjalankan Minecraft tanpa masalah. Anda dapat menggunakan WiFi Gaming Z690-E dalam build PC premium dengan Intel Core i9-12900K untuk menjadikan pilihan platform bernilai baik yang satu ini.

Dari segi port, kami melihat LAN 2.5Gb, DisplayPort, HDMI, satu USB-C 3.2 Gen 2×2, tiga USB 3.2 Gen 2 (dua USB-A dan satu USB-C), empat USB-A 3.2 Gen 1, dan empat USB 2.0. Ada juga Optical S/PDIF, Wi-Fi, dan semua jack audio yang Anda butuhkan. Secara internal, ASUS memastikan Anda memiliki cukup header untuk komponen tambahan yang memerlukan USB interface.

Ada juga header pompa air untuk pengaturan pendingin air, menjadikan ROG Strix Z690-E Gaming WiFi sebagai motherboard yang mumpuni. Gunakan BIOS yang solid dan potensi overclocking yang luar biasa, dan Anda akan mendapatkan pemenang Intel dengan salah satu motherboard terbaik untuk Team Blue.

3. Gigabyte X570-I Aorus Pro Wi-Fi

Secara garis besar, Anda tidak memerlukan motherboard ATX berukuran penuh untuk merakit sebuah PC gaming. Jika Anda lebih suka menyusun versi yang lebih ringkas, motherboard seperti GIGABYTE X570 I AORUS Pro WIFI bisa menjadi pondasi yang cocok.

Spesifikasi:

  • Soket: AM4
  • RAM Maksimum: 2x 32GB (64GB)
  • Chipset: X570
  • Ukuran: Mini-ITX
  • Fitur: LAN 1Gb, 2x slot DIMM, Intel Wi-Fi, slot M.2, VRM 8 fase

Keunggulan:

  • Mendukung Ryzen 5000 CPU
  • Form Factor kecil
  • slot M.2
  • Wi-Fi Intel
  • Desain fase daya yang layak

Kelemahan:

  • Tidak terlalu mampu melakukan overclocking
  • Slot PCIe 3.0 x16 tunggal

Anda tidak memerlukan motherboard paling besar yang Anda temui untuk membangun PC yang hebat. Casing Form Factor yang lebih kecil berguna ketika Anda ingin menjaga dimensi keseluruhan PC tetap rendah, maka motherboard Mini-ITX akan membantu dalam hal ini. Dengan menggunakan casing Mini-ITX super-compact, Anda dapat membuat PC yang memakan lebih banyak ruang daripada konsol video game favorit Anda.

Selain secara fisik lebih kecil dari motherboard ATX atau microATX, Anda mempertahankan slot PCIe penuh dengan WIFI Gigabyte X570 I AORUS Pro, dapat memasang dua SSD M.2, menggunakan RAM hingga 64GB, dan CPU Ryzen 5000 terbaru. Dan saya katakan prosesor Ryzen 5000 Series. Tepat sekali; Anda dapat menginstal Ryzen 9 5950X ke motherboard ini dan memiliki PC kecil yang ditenagai oleh 16 core dan 32 thread, karena mengapa tidak? Dengan Intel Wi-Fi built-in, Anda dapat menempatkan PC dengan motherboard ini hampir di mana saja di rumah. Tak hanya spesifikasinya yang bagus, tetapi produk ini juga termasuk salah satu Motherboard Gaming murah sehingga tentunya menjadi salah satu faktor mengapa ia masuk dalam jajaran motherboard terbaik.

Sementara itu, perihal port, GIGABYTE X570 I AORUS Pro WIFI memiliki Wi-Fi, HDMI, DisplayPort, Optical S/PDIF yang disebutkan di atas, dua port USB 3.1 Gen 2 (satu adalah USB-C), empat port USB 3.1 Gen 1, dan LAN 1Gb. Kelemahan dari motherboard ini hanyalah slot PCIe x16 tunggal dan tidak adanya heatsink fungsional untuk VRM. Kelemahan ini bisa membuat motherboard menjadi cepat panas.

4. MSI MAG B460M Mortar WiFi

MSI MAG B460M hadir dengan lusinan fitur luar biasa yang cocok untuk bermain game, menjadikannya motherboard mATX Terbaik untuk para gamer. Ada beberapa batasan dalam hal kecepatan memori dan overclocking tetapi jika itu tidak mengganggu Anda, maka tidak akan menjadi masalah memilih prosesor ini.

Spesifikasi:

  • Chipset: B460
  • Soket: LGA1200
  • Faktor Bentuk: Micro ATX‌
  • Pengatur Tegangan: 12 + 1 + 1
  • PCIe‌ x16: 3
  • Port USB: 6
  • Garansi: 3 Tahun‌

Keunggulan:

  • Nilai sangat baik untuk harganya
  • Menghadirkan performa luar biasa saat bermain game
  • Pendingin mesin yang efisien

Kelemahan:

  • Memiliki beberapa keterbatasan memori

Dengan Power Phase 12 + 2, Anda dapat dengan mudah menjalankan prosesor Intel generasi ke-10. Dilengkapi dengan konektor power EPS 8-pin untuk daya, PC ini tidak akan terlalu panas. Namun, jika Anda menjalankan muatan yang berat dalam waktu yang lama, Anda akan memerlukan aliran udara agar tetap dingin. Berbicara tentang kinerja, motherboard B460 Mortar tidak mengecewakan. Seperti ASRock yang juga telah teruji, Mortar B460M dilengkapi dengan pengaturan BIOS untuk mengoptimalkan batas daya CPU 65W.

Dalam hal ini, Anda diizinkan untuk ‘meng-overclock’ CPU non-K-series jika Anda memiliki pendingin yang memadai. DDR4 Boost meningkatkan kecepatan sistem dan memastikan pengoperasian yang lancar saat Anda bekerja dengan aplikasi intensif memori atau jika Anda bermain game. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan Wi-Fi 6 dan dukungan yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk bermain game online. Secara khusus, peningkatan audio MSI memberikan suara berkualitas tinggi yang sangat baik yang memberi Anda suasana bagai sedang berada dalam permainan. Dengan VRM yang baik, dukungan WiFi6, dan I/O yang hebat, MSI MAG B460M Mortar WiFi adalah motherboard terbaik untuk bermain game.

Demikianlah beberapa rekomendasi motherboard terbaik tahun 2022 yang bisa Anda pertimbangkan untuk miliki. Motherboard yang bagus tersedia dalam berbagai spesifikasi dan harga, sesuaikan kemampuan dan kebutuhan Anda dengan pilihan motherboard impian Anda!